Profil

Perpustakaan Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto (disingkat ST3 Telkom) berfungsi sebagai pusat penyedia informasi yang bertugas mengumpulkan, mengolah dan menyebarluaskan informasi sebagai bentuk pendukungan terhadap proses pendidikan dan penelitian di ST3 Telkom Purwokerto. Saat ini memiliki koleksi buku cetak berjumlah 1794 judul dan 2918 eksemplar serta koleksi buku elektronik atau e-book berjumlah 668 judul. Terbitan berkala yang dimiliki sebanyak 56 judul dengan total 1813 eksemplar terdiri dari berbagai jenis antara lain jurnal internasional, jurnal nasional, majalah dan koran.

Perpustakaan ST3 Telkom berusaha untuk mengembangkan konsep perpustakaan digital dengan didukung sistem informasi yang berbasis teknologi informasi yang mana pemustaka dapat secara langsung mencari dan mengunduh koleksi-koleksi yang disediakan seperti: Koleksi buku, koleksi majalah, koleksi jurnal serta konten lokal institusi.

 

Sejarah singkat:

Perpustakaan ST3 Telkom didirikan pada tahun 2002 bersamaan dengan didirikannya Akatel Sandhy Putra Purwokerto yang kini berubah menjadi ST3 Telkom Purwokerto. Pada awalnya, Lokasi Perpustakaan digabung menjadi satu dengan Perpustakaan SMK Telkom. Tahun 2004, Perpustakaan dipindahkan ke gedung Telematika, lantai 1, menempati ruangan seluas 72 m2. Pada tahun 2013, Perpustakaan dipindahkan ke lantai 2, masih di gedung Telematika, menempati ruangan seluas 144 m2. Lalu, pada tahun 2016, Perpustakaan dipindahkan ke gedung baru yang disebut gedung Digital Convergence, terletak di lantai dua, menempati ruangan seluas 216 m2, hingga saat ini.

 

Tujuan:

Menunjang Tri Darma Perguruan Tinggi dengan fungsinya sebagai sebagai sumber informasi bagi pelaksanaan proses belajar dan mengajar, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.