Pelatihan Pengembangan Repository Institusi Berbasis E-Prints

Tanggal 22 Desember 2016 telah dilaksanakan pelatihan pengembangan repository di perpustakaan ST3 Telkom Purwokerto dengan tema Pelatihan Pengembangan Repositori Institusi Berbasis E-Prints. Pelatihan ini dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.30 WIB. Acara pelatihan ini diselenggarakan khusus untuk internal dan dihadiri oleh pihak-pihak yang memiliki keterkaitan dengan repository, seperti para penanggung jawab perpustakaan, penanggung jawab jurnal, bagian dari IT institusi, dan juga para dosen.

Penyelenggaraan acara pelatihan ini dihadiri bapak Dwi Fajar Saputra, S.Sos, M.M., beliau hadir sebagai pembicara dari Kepala Perpustakaan FK UPN Veteran Jakarta. Beliau merupakan aktivis dari organisasi FPPTI DKI Jakarta, yang menjabat sebagai Koordinator Komisi I Bidang TI, Humas & Publikasi. Bapak Dwi Fajar Saputra, S.Sos., M.M., memiliki banyak pengalaman sebagai pengisi pelatihan diberbagai materi yang berhubungan dengan bidang IT perpustakaan.

Repository merupakan suatu wadah untuk local content sebuah institusi. Dengan adanya repository, penyebaran ilmu dan informasi akan lebih mudah dijangkau untuk kalangan masyarakat. Dalam hal ini perpustakan ST3 Telkom Purwokerto ingin membantu mempermudah mahasiswa atau masyarakat luas dalam mencari informasi. Untuk itu pelatihan ini memiliki tujuan untuk membantu perpustakaan ST3 Telkom Purwokerto dalam mendirikan dan mengembangkan repository.

Acara pelatihan ini diawali oleh sambutan-sambutan dari Ka. Ur. Perpustakaan ST3 Telkom Purwokerto kemudian dilanjutkan oleh perwakilan dari manajemen yaitu dari wakil ketua III bapak Imam MPB, S.T., M.T.. Dalam acara pelatihan tersebut membahas mengenai bagaimana cara customisasi halaman E-prints, bagaimana mengelola E-prints dan juga hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan tentang E-prints.

Penyerahan sertifikat penghargaan oleh bapak Riyatno, S.S., M.Hum., (kanan) selaku Ka. Ur. Perpustakaan kepada bapak Dwi Fajar Saputra, S.Sos., M.M., (kiri) selaku pembicara dalam pelatihan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked