Layanan e-Resources: Akses Jurnal, e-Book dan Referensi Online, Gratis!

Sebagian besar peneliti, termasuk dosen dan mahasiswa memerlukan referensi untuk penelitiannya, bukan? Referensi yang digunakan pun harus legal dan untuk mendapatkannya tentu perlu biaya yang cukup besar.

Tidak usah khawatir, karena sekarang Perpustakaan Nasional Republik Indonesia telah membuka layanan e-Resources. Apa itu layanan e-Resources?

Seperti yang terpampang pada halaman depan website e-Resources disebutkan, “Untuk memenuhi kebutuhan pemustaka, kami melanggan berbagai bahan perpustakaan digital online (e-Resources) seperti jurnal , ebook, dan karya-karya referensi online lainnya.”, atau dengan kata lain, Pemerintah melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memenuhi kebutuhan pemustaka yang satu ini. Jadi, tunggu apa lagi? Layanan ini harus kita manfaatkan sebaik mungkin!

Lalu bagaimana cara memanfaatkannya?

Mudah sekali, untuk memanfaatkan layanan ini,  sebelumnya kita harus mendaftar menjadi anggota Perpusnas agar mendapatkan nomor anggota dan password (daftar menjadi anggota di sini http://keanggotaan.perpusnas.go.id)

 

laman keanggotaan pnri. Klik ‘daftar’ untuk mendapatkan nomor anggota

petunjuk pendaftaran anggota

 

 

form pendaftaran anggota

Nah, setelah selesai melakukan pendaftaran, kita akan mendapatkan nomor anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang sah. Selanjutnya, kita buka website e-Resources dan login dengan nomor anggota yang sudah didapatkan sebelumnya.

laman e-Resources. Silahkan login dengan nomor anggota Perpusnas.

tampilan setelah berhasil login

Nah, kita tinggal memilih penerbit mana yang akan kita akses atau dapat langsung mengetikkan kata kunci pada kotak penelusuran untuk melakukan pencarian ke seluruh terbitan elektronik yang dilanggan Perpusnas. Pada kesempatan kali ini, admin akan mencontohkan satu jurnal untuk diakses, yaitu ProQuest. Untuk membuka portal ProQuest, langsung klik saja ‘ProQuest’ pada pilihan link. Setelah laman ProQuest terbuka, langsung saja ketikkan subjek atau kata kunci yang diinginkan.

tampilan ketika admin mencoba mencari dengan kata kunci “Wireless Communication”, klik “full text” apabila ingin mengakses jurnal full teks.

 

klik “Save” untuk mendownload

 

silahkan pilih tipe file yang diinginkan, admin memilih tipe file .pdf

klik “continue” untuk melanjutkan

file akan otomatis ter”download”

Mudah kan? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked